minuman penambah stamina olahraga

ZEDDO.ID – Buat Anda yang gemar berolahraga, tentu penting untuk menjaga stamina tubuh agar tidak sampai tumbang akibat stamina yang terkuras habis. Untuk itu Anda perlu makanan dan minuman penambah stamina olahraga agar kembali terisi dan bisa berolahraga dengan baik.

Umumnya minuman penambah stamina olahraga yang sering dikonsumsi ialah jenis-jenis energy drink dengan tujuan mengisi tenaga kembali dengan cepat, namun minuman seperti itu juga mengandung gula dan kafein yang sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan. Sebab jika sering dikonsumsi untuk jangka panjang akan merusak kesehatan tubuh Anda nantinya.

Minuman Penambah Stamina Olahraga Alami

Sebaliknya, Anda bisa membuat minuman penambah stamina olahraga sendiri dari bahan alami yang ada dan menyehatkan pula bagi tubuh. Nah, berikut ini beberapa diantaranya.

Air Lemon
Saat ini banyak yang konsumsi air lemon untuk kesehatan dan memenuhi keperluan hidrasi tubuh. Disamping itu air lemon ini sebenarnya juga cocok sebagai minuman penambah stamina olahraga yang bisa Anda pilih.

Karena pada umumnya olahraga akan mengeluarkan banyak energi dan stamina serta cairan tubuh, dan dengan konsumsi air lemon ini tidak akan hanya menjaga tubuh tetap terhidrasi saja, tetapi juga sekaligus membantu mengoksidasikan sel tubuh dan memberi stamina energi.

Jus Pisang
Bagi seseorang yang menyukai olahraga pasti suka dengan buah pisang sebagai salah satu buah konsumsi favoritnya. Tidak hanya untuk dikonsumsi utuh begitu saja, buah pisang juga bisa diolah menjadi jus sebagai minuman penambah stamina olahraga Anda dan membangkitkan energi tubuh Anda lagi.

Jus Apel
Buah apel memiliki kandungan quercetin yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh seseorang. Daripada dimakan langsung, Anda bisa mengolahnya menjadi minuman penambah stamina olahraga, salah satunya olahraga bersepeda ataupun lari. Bagi para pelari atau yang suka lari pagi juga banyak yang membuat jus apel ini sebagai minuman penambah stamina lari mereka saat mulai lelah.

Jus Buah Bit Merah
Buah bit merah atau yang memiliki nama red beetroot ini memiliki warna merah gelap yang kaya akan manfaat, salah satunya untuk mengembalikan energi tubuh. Buah bit merah banyak digunakan atlet sebagai minuman penambah stamina lari karena kandungannya yang membantu dalam mengurangi rasa lelah tubuh dan menambah stamina.

Membuat Smoothie

Smoothie Sayur Hijau
Selain jus, Anda juga bisa membuat smoothie sebagai minuman penambah stamina olahraga Anda. Seperti green smoothie contohnya yang dilansir dari Reader Digest, seorang dokter bernama Dr. Daryl Gioffre menerangkan bahwa smoothie ini selain bisa mendetoksifikasi racun, juga bisa memberi tambahan energi tubuh.

Smoothie hijau ini bersifat antioksidan karena memang bahan yang digunakannya, yaitu bayam, setengah lemon yang dikupas, jahe, setengah potong mentimun yang dikupas, serta air kelapa, dan semuanya dicampur menjadi satu untuk dibuat menjadi smoothie.

Smoothie Ubi Manis
Selain biasa dikonsumsi mentah atau dalam bentuk olahan kue, Anda juga bisa manfaatkan ubi manis ini sebagai minuman penambah stamina olahraga lho! Didalam ubi manis (sweet potato) terdapat serat dan juga karbohidrat yang bisa memberikan energi saat digabungkan dengan vitamin A serta vitamin C.

Anda bisa membuat smoothie ini dengan beberapa bahan yang kemudian diblender sampai halus. Berikut ini bahan yang bisa Anda pakai untuk membuat minuman penambah stamina badminton ataupun olahraga lainnya, yaitu setengah potong ubi manis yang telah dikukus sebelumnya, setengah cangkir greek yoghurt yang tidak berlemak, setengah cangkir susu putih, setengah potong buah pisang berukurang besar, dan satu sendok teh cokelat bubuk.

Itu dia beberapa minuman penambah stamina olahraga alami yang bisa Anda konsumsi sebagai pengganti minuman energy drink dan meningkatkan stamina tubuh.