penyakit pada pembuluh darah manusia

ZEDDO.ID – Adanya gangguan pada darah dapat menimbulkan masalah dan komplikasi berbahaya bagi tubuh. Ada banyak penyakit pada pembuluh darah yang dasarnya terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat di masa kini.

Munculnya berbagai penyakit pada pembuluh darah akibat gangguan pada darah sangatlah wajar, mengingat darah merupakan salah satu komponen penting dalam tubuh yang vital fungsinya. Fungsi organ tubuh lainnya termasuk organ jantung juga sangat bergantung pada sirkulasi darah yang lancar ini, maka dari itulah jika terdapat gangguan pada darah atau kelainan pada sistem peredaran darah bisa mengganggu kesehatan seseorang.

Untuk penyebab terjadinya penyakit pada pembuluh darah bisa dikarenakan banyak faktor, sebab gangguan pada darah itu bisa dikarenakan faktor genetik (keturunan), juga faktor gaya hidup yang tidak sehat.

Macam-macam penyakit pada pembuluh darah

Karena adanya gangguan pada darah dapat memicu timbulnya penyakit, berikut ini beberapa macam penyakit pada pembuluh darah manusia yang bisa terjadi.

Hipertensi
Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit pada pembuluh darah yang dapat dikarenakan gaya hidup tidak sehat. Gangguan pada darah ini berupa tekanan pada pembuluh darah yang diatas normalnya, akibatnya bisa berisiko pada kerusakan pada pembuluh darah di tubuh maupun masalah pada otot jantung.

Salah satu yang berbahaya juga dari hipertensi ini ialah bisa menimbulkan sejumlah komplikasi lainnya, yakni seperti penyakit stroke maupun penyakit ginjal. Penyakit pada pembuluh darah yang satu ini juga mendapat julukan “The Silent Killer” atau pembunuh secara diam-diam karena tidak menimbulkan gejala yang pasti.

Serangan Jantung
Penyakit pada pembuluh darah yang sama mengerikannya ialah serangan jantung ini, hal ini diakibatkan pada darah yang mengalir ke organ jantung tidak mencukupi. Salah satu penyebabnya bisa dikarenakan adanya gangguan pada darah seperti penyumbatan yang membuat aliran darah tidak lancar sebagaimana mestinya.

Pada saat organ jantung tidak menerima darah yang cukup sebagaimana harusnya, maka memicu serangan jantung mendadak dan otot jantung bisa mengalami kerusakan akibat hal tersebut sehingga memerlukan penanganan darurat secepat mungkin.

Aterosklerosis
Salah satu penyakit pada pembuluh darah di tubuh yang perlu diwaspadai ialah penyempitan pada pembuluh darah yang dikarenakan plak yang bisa dikenal sebagai aterosklerosis. Aterosklerosis ini adalah kondisi dimana sebuah pembuluh darah mengeras dan menyempit akibat tumpukan plak pada dinding pembuluh darah.

Akibat dari aterosklerosis ini ialah membuat aliran darah pada pembuluh darah tersebut jadi tidak efektif bahkan bisa tersumbat secara total sehingga aliran darah ke organ tersebut berhenti dan membuat banyak organ dan sel tidak terpenuhi kebutuhannya.

Gagal Jantung
Selain serangan jantung, penyakit pada pembuluh darah yang berbahaya lainnya ialah gagal jantung ini. Penyakit ini merupakan sebuah kondisi dimana otot-otot pada organ jantung melemah ataupun malfungsi, dan menyebabkan jantung tidak kuat untuk memompa darah yang diperlukan tubuh.

Stroke
Penyakit stroke terjadi akibat pembuluh darah di otak mengalami penyumbatan, akibatnya aliran darah ke otak jadi menurun atau bahkan terhenti sepenuhnya. Ada juga kondisi dimana pembuluh darah di otak yang pecah sehingga menimbulkan penyakit stroke ini pada penderitanya.

Penyakit stroke merupakan penyakit pada pembuluh darah yang memiliki konsekuensi cukup fatal, yaitu bagian otak yang mengalami kerusakan.

Itu dia beberapa penyakit pada pembuluh darah manusia yang bisa dikatakan berbahaya, namun setidaknya kita bisa meminimalisir terjadinya penyakit tersebut dengan menerapkan pola hidup sehat.