makanan pembentuk otot

ZEDDO.ID – Bagi seseorang yang ingin membentuk otot tubuhnya, tentu pola makannya berbeda dengan pola makan pada umumnya. Karena pada saat seseorang berusaha untuk membentuk dan meningkatkan massa otot tubuhnya, maka mereka membutuhkan makanan yang kaya akan protein guna menunjang pertumbuhan serta mencegah adanya penguraian. Karena itulah seseorang yang mau massa ototnya meningkat, maka memerlukan makanan pembentuk otot.

Ragam Makanan Pembentuk Otot

Jika terjadi penguraian pada otot, maka yang terjadi ialah massa otot tubuh yang akan kian mengalami penurunan. Supaya hal seperti ini tidak terjadi, maka pria disarankan agar rajin dalam melakukan latihan beban atau angkat beban setiap harinya, juga para pria disarankan untuk konsumsi berbagai macam makanan yang mampu meningkatkan massa otot atau membentuk otot tubuh. Dan pada artikel ini, mari kita simak apa saja makanan pembentuk otot yang cocok.

Daging merah
Makanan yang bisa dikonsumsi sebagai makanan pembentuk otot yang pertama ialah jenis daging, khususnya daging merah. Makanan ini bisa terdiri dari daging sapi, daging kambing, atau daging domba. Daging-dagingan ini memiliki banyak kandungan protein hewani sehingga baik untuk pertumbuhan otot tubuh dan mempercepat regenerasinya. Para pria disarankan untuk konsumsi daging merah ini usai menjalani latihan beban. Pada saat otot letih usai latihan, protein dapat membantu penyembuhannya.

Greek Yoghurt
Makanan pembentuk otot lainnya ialah yoghurt. Tetapi dalam urusan kadar kandungan protein, yoghurt mungkin tidak memiliki kandungan sebanyak pada daging merah. Tetapi yoghurt baik untuk kebutuhan kalsium. Jika kalsium tubuh tercukupi dengan baik kebutuhannya, maka tulang akan semakin kuat khususnya pada tulang kaki, tangan dan tulang belakang tubuh. Dengan memiliki tulang yang baik dapat membantuk dalam kontraksi otot agar tidak terjadi keram otot.

Seorang pria yang ingin membentuk otot tubuhnya pada umumnya memerlukan tulang yang kuat pula, apalagi pada saat ingin menjalani latihan beban setiap harinya. Dengan adanya tulang yang kuat, hal ini akan meminimalisir terjadinya cedera saat sesi latihan.

Ikan Salmon
Makanan pembentuk otot juga ada dari makanan laut, salah satunya seperti ikan salmon yang memiliki kandungan protein yang terbilang cukup tinggi dan bisa dipilih sebagai makanan pembentuk massa otot untuk para pria. Disamping itu juga, ikan salmon memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang baik bagi tubuh. Dengan mengkonsumsi ikan salmon anda bisa meningkatkan massa otot anda, tetapi pastikan tidak konsumsi ikan salmon dalam jumlah yang berlebihan.

Kedelai
Makanan pembentuk otot apalagi yang cocok untuk dikonsumsi ya? Tentu anda bisa mengkonsumsi makanan yang satu ini, yaitu kedelai. Perlu anda ketahui bahwa kedelai memiliki banyak gizi untuk pria lho, dalam satu porsi kedelai saja memiliki banyak kandungan seperti protein, karbohidrat, dan lemak dalam jumlah yang seimbang. Kedelai sendiri bisa diolah menjadi berbagai macam makanan untuk dikonsumsi seperti menjadi tahu, tempe, direbus maupun digoreng.

Dan kedelai sendiri bisa diolah menjadi minuman susu kedelai dengan kadar tinggi protein, jadi bagi pria yang tidak bisa atau tahan dengan laktosa bisa konsumsi susu kedelai untuk mencukupi kebutuhan protein. Disamping dari segi harga yang murah, susu kedelai juga sangat mudah untuk dibuat.

Quinoa
Selain kedelai, biji-bijian lainnya seperti quinoa ini memiliki banyak protein dan bisa anda manfaatkan sebagai makanan pembentuk otot tubuh. Bahan makanan ini bisa dimanfaatkan untuk pengganti nasi atau dicampur dengan makanan lainnya. Kandungan protein pada quinoa ini bisa membantu anda dalam pertumbuhan massa otot dan mencukupi kebutuhan nutrisi penting lainnya. Dan selain kandungan proteinnya yang banyak, biji-bijian ini juga memiliki kandungan asam amino esensial yang cukup lengkap. Asam amino ini memiliki manfaat dalam pertumbuhan tulang dan suplai gizi bagi organ tubuh yang lainnya.

Itulah beberapa makanan pembentuk otot tubuh yang bisa dikonsumsi guna meningkatkan massa otot tubuh anda.