sayuran yang mengandung antioksidan

ZEDDO.ID – Antioksidan merupakan senyawa penting yang juga melindungi tubuh, khususnya dalam menangkal radikal bebas di sekitar tubuh, nah untuk itu Anda perlu konsumsi sederet sayuran untuk meningkatkan antioksidan tubuh. Berikut ini beberapa sayuran yang mengandung antioksidan yang bisa Anda pilih dalam menu makanan Anda.

1. Asparagus
Kemungkinan ada banyak dari kita yang tidak familiar dengan asparagus. Namun, sayur yang mengandung antioksidan yang beraroma khas ini bisa Anda kreativitaskan jadi berbagai macam menu masakan yang sedap, dimulai dari rebus, panggang, oseng, atau sop. Tidak itu saja, asparagus mempunyai banyak faedah nutrisi yang bermanfaat untuk badan serta memiliki kandungan kalori rendah.

Asparagus adalah tumbuhan yang banyak terkandung glutation, satu diantara enzim yang bisa membuat zat anti-oksidan. Kecuali menahan kanker, sayur tangkai hijau ini berguna jaga performa ginjal serta aliran pencernaan. Didalamnya terdapat karbohidrat inulin yang berpengaruh untuk mengoptimalkan metode kebal badan.

2. Bayam
Paparan cahaya matahari serta radikal bebas mempunyai potensi menyebabkan kerusakan untuk mata. Misalkan saja degenerasi makula serta katarak. Untuk mempertahankan kesehatan mata, terutamanya retina, kita memerlukan konsumsi lutein yang bermanfaat selaku anti-oksidan. Salah satunya yaitu dengan konsumsi salah satu sayuran yang mengandung antioksidan yaitu sayur bayam.

Kandung lutein yang tinggi dapat kita dapatkan untuk bayam. Tetapi, jangan sembarangan mengolah bayam agar faedah antioksidannya berperan maksimal untuk badan kita. Seharusnya kamu membuat tumisan bayam memakai minyak zaitun atau memprosesnya jadi sayur bening.

3. Bok Choy
Bok choy adalah macam sayur yang kaya anti-oksidan lewat kandung senyawa indole serta thiol. Ke-2 nya bisa membuat perlindungan badan kita dari teror kanker, dimulai dari kanker payudara, kanker usus, sampai kanker ovarium. Tidak itu saja, 2 senyawa itu menolong badan dalam proses metabolisme estrogen.

Baca Juga : Ini Cara Menambah Daya Tahan Tubuh Selama Pandemi yang Efektif

Sayur ini memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, serta kalsium yang tinggi. Tetapi, supaya faedah bok choy selalu optimal dirasa badan, seharusnya bok choy tidak dibuat begitu masak. Satu diantara hasil olahan terhebat untuk nikmati bok choy ialah mengosengnya memakai bawang putih yang berguna mengatur radikal bebas dalam pembuluh darah melalui kandung sulfurnya. Cobalah sayuran yang mengandung antioksidan ini dalam menu makanan Anda sesekali.

4. Brokoli
Bukan tanpa fakta sayur ini demikian populer untuk siapa saja yang jalani skema makan sehat. Ya, sayur yang memiliki bentuk seperti pohon kecil ini mempunyai anti-oksidan yang tinggi. Senyawa-senyawa anti-oksidan didalamnya bisa turunkan kekuatan kanker yang disebut imbas dari radikal bebas. Itulah yang menyebabkan sayuran yang mengandung antioksidan ini sangat populer.

Dalam brokoli, ada senyawa karotenoid, polifenol, glucosinolat, lutein, serta tocopherol yang dapat turunkan inflamasi pembuluh darah. Kamu dapat rebus atau mengukusnya lebih dahulu saat sebelum konsumsi brokoli untuk tingkatkan karotenoid serta lutein.

5. Kubis Ungu
Ada banyak sekali faedah yang dapat kita dapatkan dalam kubis ungu. Diantaranya ialah kandung anthocyanin yang berguna kurangi resiko penyakit serangan jantung serta kanker. Antiknya, jika kamu rebus kubis ungu, kandung anthocyanin didalamnya akan bertambah empat kali.

Disamping itu, kubis ungu memiliki kandungan senyawa indole yang bisa turunkan resiko kanker payudara untuk wanita. Sayur ini mempunyai kandung vitamin C yang sanggup perkuat metode kebal badan serta membuat perlindungan kita dari kerusakan radikal bebas.

6. Tomat
Tomat memiliki kandungan banyak anti-oksidan hingga dapat menolong badan kita membuat kekebalan terhebat. Konsumsi tomat sanggup bermanfaat mendesak banyak resiko kerusakan badan, dimulai dari mata, paru-paru, usus, payudara, sampai prostat. Kandung anti-oksidan terbanyak dalam tomat ialah likopen, karotenoid, betakaroten, serta glutation.

Langkah bagus untuk memperoleh faedah tomat ialah menggorengnya. Kandung likopen serta vitamin C didalamnya bertambah saat tomat dibuat. Likopen dapat mempertahankan kesehatan kulit, turunkan resiko kanker, tingkatkan kesehatan jantung, serta tingkatkan tanggapan saraf.

7. Wortel
Wortel diketahui yang mengandung vitamin A yang tinggi. Disamping itu, didalamnya terdapat karotenoid serta betakaroten yang berguna membuat perlindungan sel mata dari radikal bebas. Sayur ini bermanfaat membuat perlindungan kerongkongan, paru-paru, jantung, payudara, serta usus dari teror sel kanker.