senam kegel pria

ZEDDO.ID – Senam kegel pada umumnya memang banyak dilakukan wanita karena secara khusus senam kegel untuk wanita sangat membantu, salah satunya untuk membantu wanita disaat proses persalinan. Namun manfaat senam kegel juga bisa dirasakan oleh pria, terutama untuk membantu mengatasi masalah seksual. Senam kegel pria berbeda dengan senam pada umumnya karena dapat dilakukan tanpa harus ada instruktur untuk mengarahkan gerakan senam.

Senam Kegel Pria

Sama seperti senam kegel untuk wanita, senam kegel pria ini juga bisa disebut sebagai bentuk latihan dasar otot panggul, dengan melakukan serangkaian gerakan kontraksi berulang ulang pada bagian otot pubococcygeus. Manfaat senam kegel sederhana ini dapat membantu para pria untuk menguatkan otot yang berhubungan dengan fungsi seksualnya, contohnya seperti otot pubococcygeus yang ada pada area perineum diantara anus dan skrotum.

Disamping itu senam kegel sederhana pria ini juga bisa menguatkan otot bulbocavernosus yang berfungsi dalam menyuplai darah ke area organ vital pria selama ereksi, memompa disaat berejakulasi, dan membantu mengosongkan bagian uretra disaat usai buang air kecil. Salah satu manfaat senam kegel sederhana pria ini ialah mampu mengatasi masalah ejakulasi dini dan menjadi banyak pilihan alternatif para pria, karena dengan latihan ini dapat memberikan efek yang cukup efektif dengan cara yang mudah untuk dilakukan.

Cara Senam Kegel yang Baik Agar Keperkasaan Meningkat

Agar bisa merasakan manfaat senam kegel pria dengan maksimal, terdapat tata cara senam kegel yang perlu dilakukan dengan tepat, diantaranya ialah sebagai berikut :

Mencari otot yang tepat
Cara senam kegel pria yang pertama ialah dengan mencari dan menemukan otot otot dasar panggul yang tepat, hal ini dapat anda lakukan dengan merasakan bagian dimana anda sedang menahan urine saat ingin buang air kecil.

Lakukan dan Sempurnakan Gerakan Senam Kegel Pria
Disaat anda dapat melihat bagian otot dasar panggul anda, maka saatnya melakukan cara senam kegel pria ini dengan mengosongkan kandung kemih anda terlebih dahulu. Setelah itu posisikan badan anda dengan posisi berbaring dengan mengangkang serta kaki yang ditekuk, lalu angkat bagian pinggul anda. Supaya otot dasar panggul anda menjadi lebih kencang, yang perlu anda lakukan ialah menahan kontraksi selama kurang lebih tiga detik lalu lepaskan dengan durasi yang sama yaitu tiga detik. Ulangi gerakan ini terus menerus dan jika dirasa otot anda semakin kencang, maka anda dapat melakukan cara senam kegel sederhana pria lainnya, misal sambil duduk, berdiri, maupun berjalan.

Fokus Pada Bagian Otot Dasar Panggul
Untuk mendapatkan hasil maksimal dari senam kegel pria ini, maka ingatlah untuk fokus pada otot dasar panggul anda. Disaat anda sedang melakukan senam kegel pria ini, hindari yang namanya menahan napas dan tetap bernapas seperti biasa saja. Dengan menahan napas, hal ini hanya akan membuat anda terengah-engah dan kelelahan saat melakukan senam kegel pria ini.

Lakukan Senam Kegel Pria Secara Rutin
Supaya manfaat senam kegel pria ini semakin optimal, cobalah untuk melakukan senam kegel ini dengan rutin bila perlu jadikanlah sebuah rutinitas harian anda pribadi. Dengan semakin rutin anda melakukannya maka semakin cepat juga manfaat senam kegel pria ini bisa anda rasakan. Jika anda merasakan adanya kesulitan, maka jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter untuk meminta saran cara senam kegel pria yang sesuai.

Manfaat Senam Kegel Pria

Dengan melakukan latihan yang satu ini dapat memberikan manfaat sehat, terutama untuk kualitas seksual pria. Beberapa manfaat senam kegel diantaranya ialah :

  • Dapat meningkatkan ereksi pria.
  • Membantu pria dalam orgasme agar lebih intens lagi.
  • Dapat mengatasi masalah disfungsi ereksi dan ejakulasi dini pada pria.
  • Melatih pria dalam orgasme tanpa berejakulasi.
  • Menurunkan risiko terjadinya kanker prostat pada pria.

 

Terdapat banyak faktor yang dapat memengaruhi kuat lemahnya otot panggul pria, diantaranya ialah faktor usia, pasca operasi pengangkatan prostat, ataupun terkait kondisi medis lainnya seperti diabetes.