cara melancarkan peredaran darah yang tersumbat

ZEDDO.ID – Peredaran darah dalam tubuh manusia memiliki peran yang penting, karena itu jika ada peredaran darah yang tersumbat atau terganggu aliran darahnya bisa mengganggu fungsi sel. Karena peredaran darah di tubuh layaknya alat transportasi yang digunakan untuk mengantarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh organ tubuh dan sel-sel.

Dampak peredaran darah yang tersumbat

Peredaran darah yang tersumbat akan membuat sirkulasi darah terganggu, akibatnya bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Hal umum yang bisa dirasakan seseorang ketika sirkulasi darahnya tidak lancar ialah seperti rasa kesemutan, mati rasa, hingga rasa nyeri. Keluhan peredaran darah yang tidak lancar biasa terjadi pada lengan dan kaki.

Masalah sirkulasi darah tidak lancar juga bisa memiliki gejala lain, seperti terjadinya keram otot, penyembuhan luka yang berjalan lambat, lengan dan kaki yang terasa dingin, hingga terjadinya kerontokan pada rambut kaki.

Cara melancarkan peredaran darah

Untuk cara melancarkan peredaran darah yang tersumbat dan menjaga kesehatan sirkulasi darah di tubuh, bisa dilakukan dengan ragam cara dan tentunya mudah untuk dilakukan kok! Yaitu dengan pola hidup sehat, mulai dari konsumsi makanan, dan aktivitas fisik, serta tidur yang cukup. Untuk lebih jelasnya, berikut ini tips mudah cara melancarkan peredaran darah yang tersumbat.

Jangan merokok
Untuk Anda yang seorang perokok ataupun bukan, sebaiknya jangan merokok. Karena kebiasaan merokok bisa memicu peredaran darah menjadi tidak lancar dan tersumbat, karena kandungan kimia di dalam sebatang rokok bersifat merusak seperti kandungan nikotin salah satunya.

Kandungan nikotin pada sebatang rokok itu bersifat merusak untuk kesehatan pembuluh darah, sebab bisa merusak dinding pembuluh darah arteri dan membuat peredaran darah mengental atau yang biasa disebut pengentalan darah. Akibatnya peredaran darah tersumbat akibat kekentalan darah tersebut.

Jadi cara melancarkan peredaran darah yang tersumbat ialah dengan mulai berhenti merokok bagi Anda yang saat ini masih menjadi seorang perokok aktif. Atau bagi para perokok pasif bisa menghindari asap rokoknya yang juga mengganggu kesehatan pernapasan.

Banyak minum air putih
Tubuh manusia didominasi oleh air, dan kandungan darah di tubuh juga setengahnya merupakan air. Setiap beraktivitas tubuh akan kekurangan cairan, dan jika tubuh tetap kekurangan cairan akan menyebabkan peredarah darah yang tidak lancar ataupun tersumbat akibat kekurangan air dalam darah.

Maka dari itu ada yang namanya kebutuhan hidrasi harian tubuh sekitar 8 gelas per harinya, sebab ini merupakan cara melancarkan peredaran darah yang tersumbat dan mencegahnya agar sirkulasi darah tetap normal. Terutama jika usai berolahraga atau banyak aktivitas, maka disarankan minum lebih banyak dari kadar batas umumnya.

Aktif Bergerak dan Berolahraga

Hindari kebiasaan duduk terlalu lama
Kebiasaan duduk terlalu lama juga bisa memicu terjadinya sirkulasi darah tidak lancar, salah satunya pada bagian punggung dan pinggang bawah. Sementara itu otot pada kaki juga akan melemah. Pada beberapa kasus juga diketahui terjadinya gumpalan.

Hal seperti ini biasa ditemukan pada pekerja kantoran yang kesehariannya duduk di depan layar monitor selama berjam-jam setiap harinya. Cara melancarkan peredaran darah yang tersumbat bagi Anda yang pekerja kantoran ialah dengan melakukan stretching atau peregangan selama beberapa menit usai duduk dalam waktu cukup lama.

Atau jika tidak cukup bangun dari duduk Anda dan bergerak agar peredaran darah lancar kembali, dengan bangun dari duduk dan berdiri juga membuat pembuluh darah di kaki lancar menerima dan mengirimkan balik darah dari organ jantung.

Aktif Berolahraga
Melakukan aktivitas fisik bisa membantu melancarkan sirkulasi darah, seperti berolahraga salah satunya. Olahraga terutama olahraga aerobik adalah salah satu cara melancarkan peredaran darah yang tersumbat, sebab olahraga aerobik seperti jogging, berenang, maupun bersepeda akan membuat organ jantung memompa darah lebih dan peredaran darah lancar.

Agar sirkulasi darah lancar, berolahraga secara konsisten diperlukan. Lakukan olahraga selama 30 menit setiap harinya agar kesehatan peredaran darah terjaga dan mengatasi masalah peredaran darah yang tersumbat.

Konsumsi makanan pelancar peredaran darah

Cara melancarkan peredaran darah yang tersumbat yang efektif lainnya ialah dengan konsumsi makanan pelancar peredaran darah secara rutin. Beberapa makanan pelancar peredaran darah yang bisa Anda pilih ialah gandum, seledri, kacang almod, buah jeruk, buah alpukat, buah pisang, mentimun, wortel, serta kayu manis dan jahe.

Itu dia beberapa cara melancarkan peredaran darah yang tersumbat yang bisa Anda terapkan agar sirkulasi darah lancar selalu.