bahaya stres dan bahaya depresi pada pria dewasa

ZEDDO.ID – Berdasarkan data dari WHO menyatakan bahwa wanita rentan alami depresi dan memicu gangguan yang lebih parah. Tetapi selain wanita, kaum pria juga rentan alami stres lho. Meskipun kaum wanita dianggap rentan alami depresi, tetapi sebuah riset pada tahun 2011 lalu oleh Oldehinkel AJ dan Bouma EM di NCBI menemukan bahwa hasilnya berbeda.

Penyebab Stres yang Dialami Pria dan Pemicu Depresi Berat

Penyebab stres yang bisa dialami pria bisa disebabkan berbagai macam kondisi. Ada banyak kondisi atau hal yang memicu ketidaknyamanan bagi pria dan menyebabkan stres bahkan depresi. Ini beberapa penyebab stres yang dialami pria, dan memicu depresi :

  • Beban kehidupan yang dialami semakin meningkat, contohnya terutama saat menjadi kepala rumah tangga yang harus menafkahi anggota keluarganya, apalagi jika kondisi keuangan yang serba pas-pasan.
  • Beban juga bisa dialami pria ketika sudah memiliki anak dan tentunya berbagai macam tuntutan kebutuhan akan menjadi salah satu sumber stres bagi pria selain masalah kebutuhan hidup sehari-hari.
  • Berbeda dengan wanita, pria cenderung memilih diam ketika memiliki suatu masalah yang membuatnya depresi. Padahal dengan bercerita, risiko depresi bisa diminimalisir.

Akibat Tingkat Stres yang Tinggi Pada Pria

Jadi pada dasarnya, baik wanita ataupun pria tentu bisa mengalami stres, namun saat seseorang pria mengalami stres karena suatu hal, rasa stres itu sukar untuk diluapkan hingga akhirnya menjadi depresi berat yang mengganggu kehidupannya. Berikut ini dampak dari stres berlebihan ataupun depresi yang dialami pria terhadap kehidupannya :

Memicu gangguan pada jantung
Menurut riset yang dipublikasikan American Journal Cardiology, tingkat stres yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan organ jantung seseorang. Hal ini bisa memicu kemungkinan terjadinya penyakit jantung koroner jika dibiarkan saja, karena saat seseorang stres bisa menyebabkan terjadinya inflamasi pada pembuluh darah , akibatnya plak partikel kolesterol bisa menempel disana.

Baca Juga : Jenis dan Ciri Ciri Gangguan Psikologis yang Perlu Anda Ketahui

Mengganggu libido pria secara signifikan
Tingkat stres yang berlebihan dan cenderung tinggi tidak baik, pasalnya bisa mengganggu dan membuat libido seorang pria jadi turun drastis alias anjlok. Bahkan saat didekat pasangannya, pria akan merasa murung dan lesu sendiri bahkan ada juga yang menjadi mudah marah. Kondisi ini tidak bisa dibiarkan karena mengganggu kehidupan rumah tangga.

Jika anda sedang mengalami hal ini, ada baiknya untuk diselesaikan dan bukan anda pendam sendiri. Selesaikan sedikit demi sedikit, melakukan hubungan seks dengan pasangan juga bisa membantu meningkatkan libido dan mood anda.

Memicu kecemasan berlebihan bahkan depresi
Rasa stres juga akan membuat seorang pria jadi cemas dan khawatir terhadap diri dan keluarganya. Sederhananya misalkan, sebagai seorang kepala rumah tangga yang mencari nafkah, seorang pria sedang ada masalah di tempat kerjanya. Tentu ini akan membuatnya cemas akan jikalau dirinya dipecat dan kehilangan pekerjaan, sebab jika sampai hal ini terjadi maka bagaimana dengan nasib keluarganya? Hal semacam inilah salah satu yang bisa membuat pria depresi.

Rusaknya gaya hidup seorang pria
Perubahan gaya hidup pria juga bisa berubah akibat stres yang dialaminya, termasuk pola tidurnya yang berubah. Pria yang tengah alami stres akan sulit untuk tidur nyaman, bahkan lebih sering begadang dan kondisi fisiknya menurun. Disamping itu, kebiasaan seperti merokok dan minum-minum juga bisa terjadi jika pria sudah stres sebagai pelariannya.

Memicu terjadinya obesitas
Tidak sedikit pria yang stres akan memiliki nafsu makan yang meningkat dan bermalas-malasan untuk mengalihkan rasa stres yang dialami. Akhirnya kebiasaan ini membuat pola makan yang tidak teratur dan makan apapun dalam porsi semaunya, obesitas pun bisa terjadi akhirnya. Pria yang mengalami obesitas tentu akan mengalami penurunan testosteron dan bisa memicu impotensi.