melancarkan peredaran darah ke otak

ZEDDO.ID – Kesehatan peredaran darah itu penting, apalagi ke otak. Peredaran darah di otak yang tidak lancar bisa berisiko pada terserangnya stroke pada seseorang. Untuk itulah penting bagi kita semua untuk melancarkan peredaran darah ke otak guna meminimalisir terjadinya stroke.

Sinar matahari
Sinar matahari dapat membantu Anda melancarkan aliran darah, termasuk aliran darah ke bagian kepala. Adapun studi yang menunjukkan bahwa aktivitas otak seseorang dapat meningkat usai terkena sinar matahari, khususnya sinar matahari pagi.

Olahraga ringan
Salah satu cara melancarkan peredaran darah ke otak yang mudah ialah dengan olahraga ringan. Sebab faktanya menggerakkan badan sangat efektif untuk melancarkan peredaran darah, tidak harus olahraga berat karena olahraga yang ringan seperti jalan santai juga bisa melancarkan peredaran darah lho.

Dengan olahraga jalan santai selama 30 menit saja membuat aliran darah jadi lancar, namun jika tidak suka pun Anda bisa lakukan olahraga jenis lainnya asalkan konsisten dikerjakan.

Mandi air dingin
Mandi air dingin ternyata bisa melancarkan peredaran darah ke otak, maka dari itu mandi air dingin ini merupakan salah satu cara mudah supaya aliran darah mengalir lancar. Tidak ada salahnya juga untuk merendam kaki ke dalam air es selama beberapa menit.

Bermeditasi
Meditasi bisa menjadi salah satu tips untuk melancarkan peredaran darah ke otak. Bermeditasi atau relaksasi diri selama kurang lebih 30 menit dan merelaksasi pikiran dari masalah yang ada.

Makan cokelat hitam
Tahukah Anda bahwa konsumsi cokelat hitam itu dapat melancarkan peredaran darah ke otak? Sebab cokelat hitam itu murni cokelat yang mengandung rendah gula dan tanpa tambahan susu. Apalagi cokelat hitam mengandung flavonoid yang sudah terbukti bermanfaat melancarkan peredaran darah ke otak selama kurang lebih 2-3 jam usai dimakan.

Makan makanan mengandung omega-3
Anda juga bisa melancarkan peredaran darah ke otak dengan konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3. Omega-3 ini merupakan jenis asam lemak baik yang bukan cuma melancarkan peredaran darah ke otak, tetapi juga bisa meningkatkan daya ingat seseorang, serta menurunkan risiko alzheimer dan demensia. Anda bisa konsumsi makanan kandungan omega-3 dari ikan salmon, sarden, atau makarel.

Nah, jadi itulah beberapa tips untuk melancarkan peredaran darah ke otak yang mudah untuk dilakukan. Jangan sampai tidak dilakukan ya, karena kesehatan tubuh itu merupakan hal yang utama.