ZEDDO.ID – Hormon testosteron merupakan salah satu hormon yang dibutuhkan baik bagi pria maupun wanita, dan kegunaan dari hormon testosteron ini cukup banyak seperti membantu memperkuat tulan dan pertumbuhan otot, membantu produksi darah dalam tubuh, hingga meningkatkan mood seseorang dan gairah seksual.

Untuk kadar hormon testosteron sendiri tidak bisa diukur langsung dan hanya dapat dilihat pada laboratorium, tetapi ada juga beberapa tanda yang mudah untuk dikenali seperti seorang pria yang sering merasa lelah misalnya. Kadar hormon ini dapat cenderung naik dan juga turun mengikuti kondisi tubuh pada seseorang. Jika kondisi tubuh sedang baik dan prima, maka gairah seksualnya juga dapat meningkat, begitu pula sebaliknya jika kondisi tubuh sedang tidak fit maka gairah seksual pun ikut menurun.

Tips Meningkatkan Hormon Testosteron Pada Pria Secara Alami

Dalam menjaga hormon testosteron tetap baik, ada beberapa cara yang bisa dilakukan guna meningkatkan hormon dan menjaganya agar tetap stabil bagi para pria, yaitu dengan cara :

Olahraga Dengan Rutin
Pada umumnya hormon testosteron pada tubuh pria akan meningkat jika kondisi tubuh sedang baik dan lancar. Salah satu hal yang membuat hormon ini menurun drastis ialah lapisan lemak di tubuh yang nantinya menyebabkan berbagai gangguan. Maka dari itu berolahraga sangat direkomendasikan untuk membakar lemak dan menjaga kesehatan tubuh agar tetap prima.

Jaga Pola Makan
Yang menjadi masalah terhadap menumpuknya timbunan lemak di tubuh ialah pola makan yang sembarangan. Akibatnya makanan apa saja masuk tanpa dikontrol dengan baik yang pada akhirnya terjadi surplus kalori yang berubah menjadi lemak. Maka dari itu usahakan agar selalu menjaga pola makan dan kalori harian selalu tetap dalam batasnya.

Perbanyak Makanan Kaya Akan Seng
Salah satu cara meningkatkan hormon testosteron yang paling mudah ialah dengan konsumsi makanan kaya akan seng. Zat ini dapat membantu dalam meningkatkan testoteron dengan mudah dan cepat, dan zat seng ini dapat ditemukan di berbagai makanan laut seperti pada tiram dan berbagai kerang lain lainnya. Dengan konsumsi makanan laut dapat memicu hormon testosteron naik dan libido yang meledak. Perlu diingat juga untuk tidak konsumsi makanan yang terlalu manis karena dapat menyebabkan terjadi penumpukan lemak.

Stop Merokok
Merokok dapat memengaruhi kadar hormon testosteron di tubuh dengan cepat, sebab didalam kandungan rokok terdapat berbagai racun yang membuat tubuh kesulitan dalam memproduksi hormon testosteron, dengan begitu gangguan seksual dan reproduksi pria dapat terjadi lebih cepat. Sebisa mungkin untuk berhenti atau jauhi rokok agar kadar hormon meningkat.

Kurangi Stres
Hal lainnya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan level hormon testosteron di tubuh yang mudah ialah dengan mengurangi atau meminimalisir kadar stres dengan baik. Seseorang yang memiliki tingkat stres yang tidak terkontrol apalagi hingga berkepanjangan dapat menyebabkan kadar kortisol dalam tubuhnya terus meningkat dan ini cukup berbahaya. Hal ini dikarenakan kortisol dapat membuat tubuh mudah mengalami inflamasi.

Memiliki Kualitas Tidur yang Baik
Seorang pria dengan tidur yang berkualitas memiliki risiko stres yang lebih minim karena umumnya istirahat yang cukup dapat meredakan stres. Menjaga pola makan dengan baik juga membantu meningkatkan level testosteron secara perlahan.