cara menambah kekebalan tubuh secara alami

ZEDDO.ID – Kita perlu paham bagaimana cara menambah kekebalan tubuh agar tidak mudah jatuh sakit. Sistem kekebalan tubuh yang prima tentu akan mampu melindungi tubuh dari serangan penyakit yang mendekati tubuh. Untuk cara menambah kekebalan tubuh secara alami ini bisa dilakukan dengan cara yang sederhana tanpa perlu memerlukan biaya yang besar, yaitu dengan menerapkan gaya hidup yang sehat.

Cara Menambah Kekebalan Tubuh Secara Alami

Sistem kekebalan tubuh yang melindungi tubuh dari serangan penyakit ini sangat vital untuk kesehatan tubuh kita. Disaat kekebalan tubuh menurun, maka virus dan bakteri akan mudah masuk ke tubuh dan menyebabkan infeksi dan penyakit yang akhirnya Anda jadi jatuh sakit. Salah satunya seperti virus yang baru ini menginfeksi di beberapa negara, yaitu COVID-19 atau virus corona yang perlu diwaspadai.

Maka dari itulah dimasa pandemi seperti saat ini kita perlu paham cara menambah kekebalan tubuh agar tak terinfeksi. Lalu bagaimana cara menambah kekebalan tubuh secara alami itu? Simak informasi lengkapnya disini.

Makanan sehat untuk menjaga sistem imunitas tubuh

Salah satu cara menambah kekebalan tubuh secara alami ialah dengan konsumsi makanan yang sehat yang dapat membantu sistem imunitas tubuh bekerja dengan maksimal. Diantaranya ialah sebagai berikut :

Sayur bayam
Mengkonsumsi sayur daun bayam merupakan cara menambah kekebalan tubuh secara alami karena pada sayuran ini terdapat kandungan antioksidan yang tinggi. Selain itu sayur bayam ini juga memiliki kandungan beta-karoten, vitamin A dan vitamin C yang menunjang sistem kekebalan tubuh.

Brokoli
Selain sayur bayam, brokoli juga memiliki kandungan antioksidan dan bahkan jauh lebih besar jumlahnya daripada sayur bayam. Pada brokoli juga terkandung banyak serat, kaya akan vitamin yang sehat seperti vitamin C, vitamin A, dan vitamin E. Jadi konsumsi brokoli dapat membantu Anda sebagai cara menambah kekebalan tubuh secara alami.

Bawang putih
Bawang putih dapat membantu Anda sebagai alternatif cara menambah kekebalan tubuh secara alami karena memiliki kandungan zat bernama allicin. Zat allicin inilah yang nantinya akan membantu dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dengan cara merangsang produktivitas sel darah putih.

Disamping itu juga, bawang putih ini memiliki sifat antioksidan yang mampu atasi peradangan. Bawang putih juga memiliki zat-zat yang mampu mengatasi bakteri dan virus, mengontrol tekanan darah, serta menurunkan risiko penyakit jantung.

Ragam buah
Cara menambah kekebalan tubuh secara alami lainnya ialah dengan konsumsi buah-buahan yang berwarna cerah dan terang. Buah-buah semacam ini memiliki kandungan antioksidan yang baik serta vitamin dan mineral didalamnya untuk menunjang sistem kekebalan tubuh. Jenis-jenis buah yang bisa dikonsumsi seperti buah jambu, jeruk, lemon, apel, pepaya, mangga, kiwi, stroberi, juga paprika.

Makanan laut
Disamping buah-buahan, makanan laut juga penting dan bisa dikonsumsi untuk jaga kekebalan tubuh. Makanan laut dapat menjadi satu cara menambah kekebalan tubuh secara alami karena kaya akan asam lemak omega-3, protein, vitamin, serta mineral yang baik bagi tubuh. Makanan laut yang bisa dikonsumsi ialah ikan-ikanan, kerang laut dan tiram.

Cara menambah kekebalan tubuh secara alami

Selain konsumsi melalui makanan, cara menambah kekebalan tubuh secara alami juga bisa dengan melakukan kegiatan hidup sehat berikut ini, yaitu.

Lakukan olahraga
Cara menambah kekebalan tubuh secara alami yang bisa Anda lakukan ialah dengan berolahraga, saat berolahraga Anda tidak hanya membakar lemak dan melancarkan sirkulasi darah. Tetapi juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperkuat otot dan tulang.

Tidak merokok
Merokok terbukti mampu menurunkan sistem kekebalan tubuh seseorang, dan meningkatkan risiko terjadinya infeksi penyakit yang masuk dan menyerang tubuh. Maka dari itulah cara menambah kekebalan tubuh secara alami ialah dengan tidak merokok dan hindari asap rokok.

Beristirahat dengan cukup
Memiliki waktu tidur yang cukup merupakan salah satu cara menambah kekebalan tubuh, selain meregenerasi energi tubuh, dengan tidur yang cukup juga membantu produksi antibodi yang bisa mencegah terjadinya infeksi.

Hindari stres berlebih
Setiap stres memiliki tingkatan yang beda pada setiap orang, dan mampu menghindari atau mengendalikan stres ini ialah satu cara menambah kekebalan tubuh. Sebab jika Anda memiliki stres berlebih maka akan memicu tubuh untuk memproduksi sebuah hormon yang disebut hormon kortisol.

Hormon kortisol ini jika diproduksi terus menerus akan membuat sistem kekebalan tubuh jadi kian melemah. Selain itu, stres berlebih juga bisa menyebabkan tekanan darah yang kian meningkat.

Itulah beberapa tips bagaimana cara menambah kekebalan tubuh secara alami yang bisa dilakukan dengan mudah tanpa perlu usaha yang susah.