cara mengetahui masa subur wanita

ZEDDO.ID – Dalam rencana memiliki keturunan, penting bagi pasutri untuk memahami dan mengetahui kapan masa subur wanita. Karena melakukan hubungan intim ketika memasuki masa subur itu memiliki peluang terjadinya kehamilan pada pasangan jauh lebih tinggi. Nah berikut ini beberapa tips bagaimana cara mengetahui masa subur wanita.

Kalender masa subur wanita

Hal pertama untuk mengetahui masa subur wanita ialah dengan mengetahui kalender masa subur wanita. Lalu apa itu kalender masa subur? Kalender masa subur ini maksudnya ialah sebuah perhitungan masa subur wanita dengan mencatat tanggal siklus haid setiap bulannya.

Cara mengetahui masa subur wanita

Cara mudah untuk mengetahui kapan masa subur wanita itu ialah dengan cara menghitung masa subur dengan mengetahui rumusnya, dan yang kedua ialah dengan memahami tanda-tanda masa subur wanita. Berikut ini beberapa diantaranya.

Suhu basal yang meningkat
Salah satu cara mengetahui masa subur wanita ialah dari suhu basalnya, suhu basal sendiri merupakan suhu tubuh ketika bangun di pagi hari. Pada umumnya, suhu basal tubuh seseorang ialah antara 35,5 sampai 36,6 derajat Celcius. Akan tetapi suhu basal tubuh ini bisa meningkat ketika memasuki masa ovulasi.

Mengalami nyeri perut
Cara mengetahui masa subur wanita ialah merasakan timbulnya nyeri perut, hal ini dirasakan oleh sebagian wanita ketika memasuki masa subur atau ovulasi.

Meningkatnya gairah seksual
Pada saat memasuki masa subur wanita, tentu akan mengalami peningkatan gairah seksual. Wanita yang memasuki masa subur gairah seksualnya untuk berhubungan intim tentu meningkat, yang berbeda pada biasanya ketika tidak dalam masa subur.