cara melancarkan peredaran darah ke otak

ZEDDO.ID – Penting sekali untuk memahami bagaimana cara melancarkan peredaran darah ke otak, karena peran otak pada hidup manusia itu amat vital. Jika peredaran darah ke organ otak di kepala tidak lancar, bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan.

Bahaya Pembuluh Darah Otak yang Terganggu

Seperti yang diketahui bahwa penyakit stroke merupakan salah satu penyakit tidak menular yang memiliki angka kematian tertinggi. Dan hal ini disebabkan masalah pada peredaran darah yang tidak lancar ke otak sehingga otak tidak menerima suplai darah dan oksigen serta nutrisi yang cukup sehingga terjadinya malfungsi dan gangguan.

Jika ini terus terjadi, maka akan menyebabkan terjadinya kerusakan pada organ otak, atau kelumpuhan, hingga memicu terjadinya kematian pada seseorang. Jadi menjaga kesehatan otak itu penting, termasuk cara melancarkan peredaran darah ke otak agar bisa terhindar dari masalah stroke.

Cara Melancarkan Peredaran Darah ke Otak

Penyakit stroke memang berbahaya, jadi penting untuk menjaga peredaran darah ke otak agar selalu mendapatkan kebutuhannya setiap saat. Berikut ini beberapa cara melancarkan peredaran darah ke otak yang bisa Anda lakukan, gampang kok!

Ingat untuk berolahraga
Cara melancarkan peredaran darah ke otak ialah dengan olahraga rutin, ingat! Sebab berolahraga bisa membuat peredaran darah atau sirkulasi darah lancar ke seluruh tubuh. Bisa dengan jogging ataupun jalan cepat.

Sebuah riset juga mempublikasikan bahwa dengan jalan cepat selama kurang lebih 30-50 menit dalam 3-4 kali dalam satu minggu bisa meningkatkan aliran darah ke otak hingga 15%. Olahraga lainnya juga bisa dilakukan untuk meningkatkan denyut jantung dan membuat tubuh lebih bekerja keras.

Lakukan peregangan tubuh
Selain berolahraga, cara melancarkan peredaran darah ke otak ialah dengan melakukan peregangan setiap hari. Hal ini akan meningkatkan sirkulasi darah secara menyeluruh. Dan peregangan bisa mencegah kaku pada otot dan persendian.

Melakukan peregangan ini memang tidak spesifik ke otak, tetapi membuat sirkulasi darah meningkat. Peregangan tubuh yang sederhana dapat meningkatkan aliran darah ke tubuh, termasuk otak dengan cara menyentuh lutut atau kaki pada saat posisi berdiri.

Coba lakukan senam yoga
Senam yoga ini memiliki banyak gerakan dan cukup sering membuat bagian kepala berada dibawah jantung. Tanpa disadarai ini juga merupakan cara melancarkan peredaran darah ke otak. Cobalah beberapa gerakan yoga ini yang sederhana, salah satunya membalikan posisi (inversi) berbaring di lantai dengan tegak lurus ke dinding. Ada baiknya memiliki instruktur agar menghindari cedera akibat otot atau sendi yang terlampau kaku.

Hindari aktivitas merokok
Cara melancarkan peredaran darah ke otak yang mudah ialah dengan tidak merokok. Sebab rokok memiliki kandungan yang berbahaya bagi tubuh, salah satunya nikotin yang bisa mengganggu kesehatan pembuluh darah. Darah akan menjadi mengental dan peredaran darah pun terganggu, termasuk pembuluh darah menuju otak.

Disamping itu pula, akibat merokok bisa menurunkan penyerapan oksigen ke otak hingga sebesar 17 persen usai seseorang berhenti merokok. Aktivitas tidak sehat ini sudah cukup lama dikaitkan dengan penyakit stroke serta aneurisme pada otak akibat dinding pembuluh darah yang melemah.

Konsumsi cokelat
Konsumsi termasuk cara melancarkan peredaran darah ke otak? Ya, faktanya berdasarkan riset yang dilakukan diketahui kandungan flavonoid pada cokelat itu mampu meningkatkan peredaran darah ke otak. Flavonoid ini juga bisa ditemukan pada buah apel, buah beri, ataupun buah anggur merah.

Konsumsi jus bit merah
Selain cokelat, cara melancarkan peredaran darah ke otak ialah dengan konsumsi jus bit merah. Buah bit merah memang dikenal mengandung nitrat yang baik untuk kesehatan pembuluh darah tubuh. Nitrat inilah yang nantinya memberi manfaat melebarkan pembuluh darah dan membuat peredaran darah di tubuh meningkat, termasuk pada pembuluh darah otak.

Itu dia beberapa tips bagaimana cara melancarkan peredaran darah ke otak yang mudah dan murah. Dicoba yuk dan jaga kesehatan peredaran darah otak kita.