cara memperlancar peredaran darah

ZEDDO.ID – Peredaran darah di tubuh manusia memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Jika terjadi gangguan pada sistem peredaran darah ini, akibatnya bisa fatal seperti kerusakan organ tubuh akibat kekurangan pasokan darah beserta nutrisi dan oksigen, begitu pula juga jantung yang bisa berhenti mendadak. Untuk itu penting bagi kita semua mengetahui cara memperlancar peredaran darah agar tidak terganggu fungsinya.

Tenang, ada beragam cara memperlancar peredaran darah yang mudah dan tidak memerlukan biaya mahal. Apa sajakah cara memperlancar peredaran darah yang efektif itu? Berikut ini diantaranya.

Cara memperlancar peredaran darah yang efektif

Karena sudah tahu bahwa masalah pada peredaran darah itu berbahaya, maka kita perlu tahu nih bagaimana cara memperlancar peredaran darah agar jangan sampai risiko penyakit yang berbahaya menghampiri kita. Sebenarnya semua itu kuncinya satu, yaitu pola hidup sehat. Lalu pola hidup sehat yang seperti apa? Ini dia jawabannya.

Konsumsi makanan pelancar peredaran darah
Yang pertama Anda bisa konsumsi makanan pelancar peredaran darah, salah satunya dengan konsumsi sayuran daun hijau, cabai, juga buah delima yang kaya akan kandungan nitric oxide sehingga dapat melebarkan pembuluh darah di tubuh.

Adapun bumbu dapur untuk melancarkan peredaran darah yang baik untuk dikonsumsi yaitu kunyit. Disamping itu, Anda juga bisa konsumsi kacang kenari dan ragam olahan dari bit merah. Jus bit merah juga dikatakan sebagai jus yang melancarkan peredaran darah dan baik untuk dikonsumsi.

Lalu, cara memperlancar peredaran darah lainnya ialah dengan konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan dan asam lemak omega-3 agar kesehatan pembuluh darah bisa terjaga dari masalah penyumbatan akibat lemak kolesterol. Anda bisa konsumsi bawang bombay, buah sitrus dan jenis-jenis buah beri sebagai sumber antioksidan. Sementara asam lemak omega-3 bisa didapat dari ikan laut seperti salmon.

Berolahraga
Cara memperlancar peredaran darah yang mudah dan tidak perlu biaya ialah dengan berolahraga. Namun memang masih ada yang malas berolahraga karena dinilai membuang waktu mereka, padahal manfaatnya baik bagi tubuh. Manfaat dari berolahraga sendiri sudah terbukti, yaitu dalam melancarkan peredaran darah, pembakaran metabolisme tubuh, dan meningkatkan hormon endorphin.

Jangan merokok
Salah satu cara memperlancar peredaran darah ialah dengan tidak merokok, kenapa? Karena didalam rokok itu sendiri terdapat beragam bahan aktif yang berbahaya bagi tubuh dan yang umum dikenal salah satunya ialah nikotin.

Nikotin ini dapat merusak kesehatan pembuluh darah serta membuat darah jadi mengental atau yang bisa disebut pengentalan darah, sehingga sirkulasi darah di tubuh jadi terganggu karenanya.

Kendalikan stres dengan baik
Mampu mengendalikan stres yang dialami juga cara memperlancar peredaran darah lho. Pasalnya pada saat seseorang mengalami stres dan tidak terkendali dengan baik maka pembuluh darahnya akan mengalami penyempitan dan sistem peredaran darah pun jadi terganggu.

Memang sih stres itu bisa datang dan sulit untuk dihindari, tetapi cobalah untuk mengendalikan hal tersebut agar tidak terjadi berlarut-larut. Coba alihkan rasa stres tersebut dengan bermeditasi atau melakukan hal lain yang Anda suka sehingga menurun stres tersebut.