ZEDDO.ID – Terdapat banyak jenis penyakit menular seksual yang salah satunya ialah penyakit trikomoniasis, dan jenis infeksi trikomoniasis ini umum terjadi di Indonesia dengan kasus lebih dari dua juta kasus per tahunnya dan membutuhkan diagnosis medis. Lalu bagaimana cara penularan trikomoniasis ini ? Dan apakah trikomoniasis bisa disembuhkan serta cara mengobati trikomoniasis ini ? Semua akan dibahas pada artikel ini.

Pengertian Penyakit Trikomoniasis

Jadi apa itu trikomoniasis ? Penyakit trikomoniasis adalah jenis penyakit menular seksual yang disebabkan oleh parasit yang bernama Trichomonas vaginalis. Infeksi trikomoniasis ini bisa dialami pada pria maupun wanita, dan merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual yang paling umum terjadi. Meskipun infeksi trikomoniasis ini tidak menimbulkan masalah yang serius, namun bisa menyebabkan berbagai komplikasi tertentu seperti masalah ketidaksuburan, maupun terjadinya infeksi jaringan kulit pada organ vital wanita.

Gejala Penyakit Trikomoniasis

Hingga kini, rata rata gejala penyakit trikomoniasis hampir tidak ada sedikitpun. Namun penyakit trikomoniasis ini tetap dapat ditularkan ke orang lain yang berhubungan seksual dengan si penderita. Jika terdapat gejala, umumnya gejala penyakit trikomoniasis ini akan nampak ketika 5 hingga 28 hari usai terinfeksi. Gejala penyakit trikomoniasis pada pria maupun wanita juga berbeda, berikut ini gejala diantaranya.

Gejala penyakit trikomoniasis pada wanita :

  • Mengalami keputihan yang cukup banyak dan berbau amis.
  • Mengalami keputihan yang berwarna kuning kehijauan, bersifat kental maupun encer, bahkan berbusa.
  • Mengalami rasa gatal yang juga diserta dengan rasa terbakar juga kemerahan pada bagian organ vital.
  • Mengalami rasa nyeri disaat berhubungan seksual ataupun saat buang air kecil.

 

Gejala penyakit trikomoniasis pada pria :

  • Mengalami rasa sakit, bengkak juga kemerahan pada bagian ujung organ vital.
  • Mengeluarkan cairan putih dari organ vital.
  • Mengalami rasa nyeri disaat buang air kecil ataupun usai berejakulasi.
  • Frekuensi buang air kecil meningkat lebih sering daripada biasanya.

Penyebab Penyakit Trikomoniasis

Seperti yang sudah dipaparkan di paragraf awal bahwa penyebab penyakit trikomoniasis disebabkan oleh sebuah parasit yang bernama Trichomonas vaginalis dan menyebar saat penderita berhubungan intim. Selain itu, parasit ini juga bisa menular melalui alat bantu seks yang dipakai bergantian dengan penderita yang tidak dibersihkan sebelumnya. Umumnya penyakit trikomoniasis ini sangat berisiko tinggi pada orang yang sering mengganti pasangan seksual, tidak memakai alat pengaman atau kondom saat berhubungan seksual, pernah mengalami penyakit trikomoniasis ini sebelumnya, ataupun pernah mengalami penyakit menular seksual lainnya. Meskipun begitu, parasit ini tidak dapat menular melalui seks oral, seks anal, ciuman, ataupun berbagi alat makan.

Cara Pencegahan Trikomoniasis

Untuk cara pencegahan penyakit trikomoniasis ini bisa dilakukan dengan beberapa cara yang sederhana guna menurunkan risiko terkena infeksi penyakit trikomoniasis, salah satunya seperti tidak sering mengganti pasangan seksual karena berisiko tinggi, lalu menggunakan alat pengaman atau kondom disaat ingin berhubungan intim, dan sebaiknya tidak saling berbagi pakai alat bantu seks dan membersihkan saat usai digunakan.

Bagaimana Pengobatan Trikomoniasis

Dan untuk pengobatan trikomoniasis bisa konsultasi ke dokter untuk mendapatkan resep obat yang tepat dan dapat segera sembuh. Namun, meskipun sudah sembuh dari infeksi trikomoniasis ini, penderita penyakit trikomoniasis ini perlu melakukan pemeriksaan kembali ke dokter untuk memastikan bahwa dirinya tidak kembali terinfeksi dan benar benar sembuh total.