Ubi bit merah atau buah bit merah

ZEDDO.ID – Ubi bit merah, buah bit merah atau yang sering disebut beet root merupakan sejenis tanaman sayuran yang masih dalam satu keluarga dengan lobak. Ubi bit merah ini banyak digunakan untuk pengobatan alami karena kandungan sehat didalamnya yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Mulanya pemanfaatan ubi bit merah ini hanya digunakan pada bagian akarnya saja untuk dijadikan obat kesehatan, namun lama kelamaan kini bagian daging dan juga daunnya ikut dipergunakan untuk dikonsumsi.

Untuk cara mengkonsumsi ubi bit merah juga bervariasi, mulai dari dimakan utuh secara mentah, dipanggang, direbus, dikukus, di buat jus, dan sebagainya. Ubi bit merah ini merupakan umbi umbian yang memiliki warna merah gelap dan tumbuh didalam tanah. Ubi bit merah memiliki kaya akan nutrisi seperti serat, protein, karbohidrat, vitamin dan mineral, yaitu vitamin C, magnesium, zat besi, folat, dan sodium. Ubi bit merah memiliki kandungan antioksidan yang baik dalam mengurangi efek peradangan, dan rendah lemak dan kalori, serta tidak mengandung kolesterol.

Manfaat Buah Bit Merah

Ubi bit merah atau yang sering diucap buah bit merah ini memiliki banyak manfaat sehat bagi kesehatan tubuh, yang diantaranya ialah sebagai berikut :

Mencegah Hipertensi dan Memelihara Kesehatan Jantung
Ubi bit merah kaya akan kandungan nitrat, yang nantinya akan dirubah menjadi nitrat oksida (NO) dan berperan dalam mengontrol dan menurunkan tekanan darah, baik untuk mencegah terjadinya hipertensi dan meringankan sistem kerja jantung.

Memiliki Sifat Anti Radang
Ubi bit merah memiliki sifat anti radang yang berguna pada saat tubuh mengalami peradangan, ubi bit merah ini membantu dalam menekan peradangan yang terjadi dan mencegah terjadinya kerusakan didalam tubuh. Proses terjadinya peradangan merupakan hal alami disaat tubuh melawan benda asing yang masuk ke tubuh, namun jika berlangsung cukup lama bisa berakibat lebih buruk lagi bagi tubuh, maka dari itu konsumsi ubi bit merah sangat penting.

Mencegah Kanker
Manfaat ubi bit merah yang lainnya ialah mampu mencegah terjadinya perkembangan sel kanker di tubuh. Bahkan banyak peneliti yang meyakini ini karena diketahui ekstrak dari ubi bit merah ini mampu menekan pertumbuhan sel kanker. Hal ini kemungkinan diperoleh dari betasianin dan juga antioksidan yang terkandung pada ubi bit merah.

Baik bagi Penderita Diabetes
Ubi bit merah juga baik bagi penderita diabetes, sebab ubi bit merah mampu membantu menyembuhkan saraf yang rusak pada penderita diabetes. Hal ini karena ubi bit merah ini memiliki antioksidan asam alpha-lipoic. Sejumlah riset menunjukkan bahwa manfaat dari ubi bit merah ini dalam memperbaiki kadar gula darah seseorang akan terlihat lebih cepat dan signifikan pada mereka yang mengalami kegemukan atau obesitas, daripada mereka yang memiliki berat badan ideal.

Meningkatkan Kinerja Tubuh
Dengan konsumsi ubi bit merah mampu meningkatkan kinerja tubuh dan stamina. Untuk konsumsinya bisa diolah menjadi jus bit merah dan konsumsi sebelum beraktivitas sehari hari.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan Tubuh
Ubi bit merah juga baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan karena memiliki kandungan serat dan antioksidan yang berdampak baik bagi saluran pencernaan. Riset juga menunjukkan bahwa manfaat dari ubi bit merah ini juga mampu mencegah terjadinya kerusakan pada dinding saluran pencernaan akibat proses peradangan, konstipasi, ataupun kanker usus besar.

Manfaat Buah Bit Merah Untuk Keperkasaan Pria

Obat viagra bukanlah satu satunya solusi untuk masalah impotensi pria, karena buah bit merah juga memiliki manfaat tersebut untuk mengobati masalah impotensi secara alami. Ubi bit merah dapat dimanfaatkan sebagai obat impotensi alami karena membuat aliran darah lancar, karena disaat seseorang mengalami impotensi, mereka tidak bisa mengalami ereksi karena kurangnya aliran darah ke organ vital agar dapat berereksi dengan baik.